Friday, March 30, 2018

 ARTI DAN MAKNA DARI SUATU LAMBANG ( ASEAN,PBB,TUT WURI HANDAYANI,KOPERASI INDONESIA DAN TUNAS KELAPA )


ASEAN



Gambar diatas merupakan logo atau lambang ASEAN yang kita sering jumpai dibuku-buku atau media-media lainnya seperti internet, koran, poster, dan lain sebagainya. Dari gambar tersebut terlihat 10 barang padi yang terikat yang menggambarkan persatuan, kesatuan dan persahabatan dari ke-10 negara-negara yang menjadi anggota ASEAN (Organisasi negara-negara di Asia Tenggara).

Adapun untuk warna yang berada pada lambang tersebut memiliki arti dan makna tersendiri. Warna biru memiliki arti perdamaian dan keamanan, warna merah memiliki arti keberanian dan dinamika, warna putih memiliki arti kesucian, dan warna kuning memiliki arti kemakmuran dan kesejahteraan. Sedangkan lingkaran yang ada melambangkan persatuan antara negara-negara anggota ASEAN.

PBB

Makna lambang

1.  Latar belakang bendera PBB berwarna biru muda.

·                     Warna biru adalah warna netral internasional yaitu warna langit yang selalu dilihat setiap bangsa di setiap negara di Bumi. Juga merupakan warna laut yang menutup sebagian besar permukaan bumi.

·                     Warna biru menandakan misi PBB. Biru tua adalah misi yang sedang berlangsung, sedangkan biru muda adalah misi yang telah lalu. Oleh karena itu, pasukan PBB juga disebut "Helm Biru".
·                     Warna biru adalah kebalikan dari warna merah, yaitu warna perang. Dengan kata lain, warna biru juga melambangkan warna perdamaian internasional. Juga sekaligus menegaskan misi PBB yaitu menjaga perdamaian dunia.
·                     Warna biru adalah warna resmi PBB.

2.  Lambang PBB berwarna putih.

·                     Warna putih melambangkan kejujuran. Maksudnya, dalam organisasi PBB, yang digunakan adalah kejujuran. Saling terbuka jika ada masalah antara satu negara dengan negara yang lain sehingga tidak akan terjadi pertumpahan darah antar sesama.
·                     Warna putih jika digabungkan dengan warna biru, memberikan kesan kesatuan dan satu tujuan, walaupun tidak menyimbolkan keadilan pada semua keragaman di dunia.
·                     Warna putih adalah warna resmi PBB.

3.  Pada lambang PBB terdapat sebuah peta dunia yang sederhana antara Kutub Utara dan Kutub selatan dengan semua benua yang ditunjukkan secara garis besar.

·                     Peta dunia melambangkan dan mewakili semua masyarakat yang tinggal di dunia
·                     Peta dunia menunjukkan luasnya lingkup daerah yang dipengaruhi oleh organisasi PBB.
·                     Peta dunia menggambarkan bidang perhatian/ pengawasan PBB dalam mencapai tujuan utamanya, yaitu perdamaian dan keamanan.
·                     Peta dunia ini juga menunjukan bahwa tidak ada negara yang berkuasa, karena tidak ada negara manapun yang ditonjolkan dalam lambang tersebut.
4.  Pada lambang PBB terdapat Ranting Zaitun yang membingkai proyeksi bumi yang berisi peta dunia secara garis besar, melambangkan simbol perdamaian yang membingkai/ melingkupi seluruh negara di bumi.

5.  Garis lintang dan bujur membentuk 33 kolom, melambangkan 33 tingkatan dalam organsasi rahasia Freemasonry yahudi di Amerika, negara tuan rumah konferensi.

6.  Proyeksi peta yang digunakan pada lambang tersebut adalah “Azimut berjarak sama”, berpusat di Kutub Utara. Akibatnya kesejajaran yang ditampilkan adalah lingkaran konsentris dan rasio jari-jari nya hanyalah
5 : 4 : 3 : 2 : 1.

·                     Proyeksi peta dengan benua Amerika di tengah menyimbolkan bahwa Amerika merupakan negara tuan rumah konferensi.
·                     Proyeksi yang berpusat di kutub utara menunjukkan ruang lingkup seluruh dunia dari organisasi baru.

Tutwuri Handayani




Lambang Tutwuri Handayani :

Kebanyakan orang menyebutnya Tutwuri Handayani yang sebenarnya adalah Logo atau Lambang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0398/M/1977 tanggal 6 September 1977 dengan uraian arti lambang sebagai berikut:

(1) BIDANG SEGI LIMA (Biru Muda)
Menggambarkan alam kehidupan Pancasila.

(2) SEMBOYAN TUT WURI HANDAYANI
Digunakan oleh Ki Hajar Dewantara dalam melaksanakan system pendidikannya. Pencantuman semboyan ini berarti melengkapi penghargaan dan penghormatan kita terhadap almarhum Ki Hajar Dewantara yang hari lahirnya telah dijadikan Hari Pendidikan Nasional.

(3) BELENCONG MENYALA BERMOTIF GARUDA
Belencong (menyala) merupakan lampu yang khusus dipergunakan pada pertunjukan wayang kulit. Cahaya belencong membuat pertunjukan menjadi hidup.
Burung Garuda (yang menjadi motif belencong) memberikan gambaran sifat dinamis, gagah perkasa, mampu dan berani mandiri mengarungi angkasa luas. Ekor dan sayap garuda digambarkan masing-masing lima, yang berarti: “Satu kata dengan perbuatan Pancasilais”

(4) BUKU
Buku merupakan sumber bagi segala ilmu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

(5) WARNA
Warna putih pada ekor dan sayap garuda dan buku berarti suci, bersih tanpa pamrih.
Warna kuning emas pada nyala api berarti keagungan dan keluhuran pengabdian. Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian yang tak kunjung putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam (pandangan hidup pancasila).


KOPERASI INDONESIA


Arti Gambar dan Penjelasan Lambang Koperasi Baru:

1.Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar bunga yang memberi kesan akan perkembangan dan kemajuan terhadap perkoperasian di Indonesia, mengandung makna bahwa Koperasi Indonesia harus selalu berkembang, cemerlang, berwawasan, variatif,inovatif sekaligus produktif dalam kegiatannya serta berwawasan dan berorientasi pada keunggulan dan teknologi;

2.Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk gambar 4 (empat) sudut pandang melambangkan arah mata angin yang mempunyai maksud Koperasi Indonesia:

Sebagai gerakan koperasi di Indonesia untuk menyalurkan aspirasi;
Sebagai dasar perekonomian masional yang bersifat kerakyatan;
Sebagai penjunjung tinggi prinsip nilai kebersamaan, kemandirian, keadilan dan demokrasi
Selalu menuju pada keunggulan dalam persaingan global.

3.Lambang Koperasi Indonesia dalam bentuk Teks Koperasi Indonesia memberi kesan dinamis modern, menyiratkan kemajuan untuk terus berkembang serta mengikuti kemajuan jaman yang bercermin pada perekonomian yang bersemangat tinggi, teks Koperasi Indonesia yang berkesinambungan sejajar rapi mengandung makna adanya ikatan yang kuat, baik didalam lingkungan internal Koperasi Indonesia maupun antara Koperasi Indonesia dan para anggotanya;

4.Lambang Koperasi Indonesia yang berwarna Pastel memberi kesan kalem sekaligus berwibawa, selain Koperasi Indonesia bergerak pada sektor perekonomian, warna pastel melambangkan adanya suatu keinginan, ketabahan, kemauan dan kemajuan serta mempunyai kepribadian yang kuat akan suatu hal terhadap peningkatan rasa bangga dan percaya diri yang tinggi terhadap pelaku ekonomi lainnya;

5.    Lambang Koperasi Indonesia dapat digunakan pada papan nama kantor, pataka, umbul-umbul, atribut yang terdiri dari pin, tanda pengenal pegawai dan emblem untuk seluruh kegiatan ketatalaksanaan administratif oleh Gerakan Koperasi di Seluruh Indonesia;

6.Lambang Koperasi Indonesia menggambarkan falsafah hidup berkoperasi yang memuat :
Tulisan : Koperasi Indonesia yang merupakan identitas lambang;
Gambar : 4 (empat) kuncup bunga yang saling bertaut dihubungkan bentuk sebuah lingkaran yang menghubungkan satu kuncup dengan kuncup lainnya, menggambarkan seluruh pemangku kepentingan saling bekerja sama secara terpadu dan berkoordinasi secara harmonis dalam membangun Koperasi Indonesia



TUNAS KELAPA ( PRAMUKA )


Lambang Gerakan Pramuka mengandung arti kiasan sebagai berikut:
  1. Buah kelapa dalam keadaan tumbuh dinamakan cikal. Ini mengandung arti Pramuka adalah inti bagi kelangsungan hidup bangsa (tunas penerus bangsa).
  2. Buah kelapa tahan lama. Ini mengandung arti, Pramuka adalah orang yang jasmani dan rohaninya kuat dan ulet.
  3. Kelapa dapat tumbuh di berbagai jenis tanah. Ini mengandung arti, Pramuka adalah orang yang mampu beradaptasi dalam kondisi apapun
  4. Kelapa tumbuh menjulang tinggi. Ini mengandung arti, setiap Pramuka memiliki cita-cita yang tinggi.
  5. Akar kelapa kuat. Mengandung arti, Pramuka berpegang pada dasar-dasar yang kuat.
  6. Kelapa pohon yang serbaguna. Ini mengandung arti, Pramuka berguna bagi nusa,bangsa dan agama.

No comments:

Post a Comment

Contoh Surat Gugat Cerai

Papua,17 Oktober 2012 Hal : Cerai Gugat Kepada Yth.Ketua Pengadilan Agama Papua Di Papua Assalammu’alaikum Wr.Wb.          ...